Atasi Diare dengan cara cara Berikut

Hampir setiap orang pernah mengalami diare, mulai dari diare ringan hingga diare berat. Keluhan diare sering kali disertai dengan nyeri perut, perut kembung, dan demam.  





Tidak semua jenis diare membutuhkan perawatan secara intensif di rumah sakit. Pada kasus diare ringan, pengobatan dapat dilakukan di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda atau anggota keluarga lain mengalami diare.


1. Makan makanan semipadat dan rendah serat secara bertahap
Seiring pergerakan usus yang kembali normal, Anda sebaiknya memakan makanan semipadat dan rendah serat seperti telur, nasi, atau ayam dan  menambah porsi  asupannya sebaiknya dilakukan secara bertahap.


2.Banyak minum air
Ketika  diare, menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan sangatlah penting. Perbanyak konsumsi cairan seperti air putih, jus, sup ayam tanpa lemak, atau bisa juga oralit atau cairan yang mengandung elektrolit lainnya yang dijual secara bebas di pasaran. Usahakan sedikitnya mengonsumsi 8 gelas cairan per hari. Namun, jika Anda memiliki gangguan jantung, ginjal, dan hati, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai jumlah batasan asupan cairan tambahan dengan dokter yang menangani Anda.

3. Hindari makanan tertentu
Karena usus Anda belum bisa mengolah makanan yang mungkin biasa Anda makan, sebaiknya Anda menghindari beberapa produk makanan seperti produk susu olahan, makanan berlemak, makanan berserat tinggi, atau makanan dengan banyak bumbu,makanan pedas,  alkohol, dan kafein.

4. Pilih makanan yang mengandung probiotik
Probiotik mengandung sekumpulan bakteri hidup yang mirip dengan bakteri sehat yang umumnya ditemukan di dalam sistem pencernaan tubuh. Probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat yang ada untuk melawan kuman dalam saluran pencernaan Anda. Ada beberapa jenis probiotik yang bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan yang difermentasi, seperti tempe,  kimchi, keju, yoghurt. Selain bersumber dari makanan, probiotik juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen. Meski demikian, sebelum mengonsumsi suplemen probiotik sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

5. Minum teh hitam manis
Anda bisa minum teh hitam manis dengan gula. Air panas bisa membantu rehidrasi dan teh mengandung astringen tanin yang membantu mengurangi peradangan usus.
6. Konsumsi obat anti diare tanpa resep
Beberapa jenis obat anti diare yang dapat dibeli tanpa resep seperti loperamide dapat membantu mengurangi keluhan diare ringan. Namun,  Bila Anda mengalami diare kronis, yaitu diare yang dialami lebih dari 14 hari, sebaiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Selain itu, jangan memberikan obat antidiare kepada anak tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.


Jika diare yang Anda alami masih tergolong ringan, cepat atasi dengan melakukan langkah-langkah yang disarankan di atas. Jika diare tidak juga membaik, atau justru disertai darah, demam di atas 38,5 Celcius, dan nyeri perut hebat, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Komentar

Postingan Populer