Sering Ngupil ? Sebaiknya Perhatikan juga Dampaknya !


Mengupil adalah hal yang wajar dilakukan setiap orang tanpa melihat usia. Seringkali kita mengupil karena merasa hidung kita gatal dan penuh kotoran. sehingga kita berusaha mengambil kotoran tersebut dengan jari tangan kita. Pada dasarnya mengupil bukanlah hal yang berbahaya bagi kesehatan. Mengupil jadi berbahaya ketika kegiatan ini terlalu sering dilakukan. Apalagi jika dilakukan dengan kondisi tangan yang tidak bersih dan kuku jari yang panjang. 



Dampak buruk akibat sering mengupil adalah

1. Mudah Terkena Flu
Virus flu merupakan jenis penyakit menular melalui udara dan banyak cara lainnya. Salah satunya bisa ditularkan oleh diri sendiri melalui tangan yang kotor.  Tangan yang tidak bersih (tidak higienis) bisa menjadi medium infeksi pada rongga hidung.

2. Rambut Hidung Rontok
Rambut silia berfungsi menyaring debu, bakteri dan virus patogen, serta benda-benda asing yang masuk ke rongga hidung. Masuknya jari saat “ngupil” ke rongga hidung berisiko merontokkan silia tersebut. Tanpa silia semua jenis virus patogen yang menyebar melalui udara dapat leluasa masuk ke tubuh.  

3. Lapisan Rongga Hidung Terluka (mimisan)
Jari dengan kuku tajam, memang mempermudah untuk mencongkel sekreta kering yang menempel. Namun rongga hidung juga rawan terluka terkena kuku panjang. Dalam rongga hidung terdapat pembuluh darah, bila kuku mengenai pembuluh darah maka akan terjadi mimisan. 

4. Menimbulkan bisul di hidung bagian dalam
Bakteri yang paling banyak ditemukan saat seseorang ngupil adalah Staphylococcus Aureus. Jenis bakteri ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau bisul di dalam lubang hidung Anda. Saat jerawat atau bisul terbentuk di dalam hidung, maka saluran napas akan tersumbat dan mempengaruhi sistem pernapasan Anda.

5. Jorok dan tidak enak dilihat
Selain karena jorok dan dapat menyebabkan  infeksi, kebiasaan sering ngupil juga dianggap tidak sopan, apalagi ketika anda melakukannya di depan umum. Bahkan  mungkin Anda akan menjadi bahan omongan dan objek lelucon bagi orang-orang di sekitar Anda. 



Sumber Artikel :
Hello sehat 5 Bahaya Kebiasaan mengupil dan
berbagai sumber lainnya.

Komentar

Postingan Populer