Selain Diare Malas Cuci Tangan dapat Sebabkan 5 Hal ini!

Dari Masa Kanak-kanak, kita tentu sering diperingati orang tua maupun guru untuk mencuci tangan. Kita dianjurkan  mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu, salah satunya adalah sebelum makan. Mencuci tangan juga sebaiknya dilakukan dengan sabun, bukan hanya dengan air  mengingat sabun tentu akan membersihkan banyak kuman dan bakteri dengan lebih signifikan jika dibandingkan dengan air saja. Saat mencuci tangan, gosokkan tangan satu sama lain hingga ke sela-sela dan ujung jari sehingga tidak ada sejengkalpun kuman dan bakteri yang bisa bebas berkembang di tangan kita. Setelah itu, keringkan tangan dengan tisu, lap, atau bahkan mesin pengering yang banyak tersedia di kamar mandi umum.






Selain bentuk dari perilaku hidup sehat mencuci tangan juga dapat menghindarkan hal-hal yang tidak dinginkan seperti:

1.Memakan kotoran

Tangan adalah bagian yang sangat aktif menyentuh segala hal yang dibutuhkan.  Ketika hendak makan tapi tidak mencuci tangan terlebih dahulu, kotoran dari benda-benda yang kita pegang bisa masuk ke dalam rongga mulut dan dapat tertelan. Jika kotoran itu mengandung racun atau virus, maka kesehatan tubuh akan terancam.

2.Keracunan Bakteri Escherichia Coli

Bakteri E.Coli dapat mengakibatkan diare dan muntah-muntah. Bakteri ini dapat menyebar dari kotoran manusia satu dengan lainnya. Salah satu cara penyebarannya yaitu dengan menggunakan toilet umum. Jika kamu  tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum, maka bersiaplah untuk menderita diare atau muntaber .

3.Terserang Flu

Penyakit ini umumnya akan menyerang orang dengan sistem imun yang sedang lemah. Namun, penyebaran virus flu tidak hanya melalui udara saja, tapi juga bisa dari tangan. Seseorang yang sedang flu, lalu bersin dengan menutup mulutnya menggunakan tangan dan tidak mencuci tangan setelahnya, lalu langsung memegang suatu benda seperti gagang pintu, maka dapat menyebarkan virus flunya pada orang lain.


4.Impetigo

 Impetigo adalah penyakit yang diakibatkan dari malas mencuci tangan, akibatnya akan muncul kemerahan pada tangan yang selanjutnya kan berubah menjadi lecet. Impetigo biasanya ditemukan pada anak-anak yang memiliki kebersihan tangan yang buruk. Perlu diketahui juga kalau impetigo ditularkan oleh virus yang menular.


5.Penyakit cairan tubuh
Cairan yang dikeluarkan tubuh mengandung banyak kuman, terutama saat kamu terinfeksi suatu penyakit. Begitu pula dengan tubuh orang lain. Saat kamu jarang cuci tangan, maka akan muncul penyakit yang berkaitan dengan cairan tubuh seperti tipus atau penyakit virus herpes




Komentar

Postingan Populer