Komedo muncul di wajah ? Hal ini mungkin penyebabnya !


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan komedo muncul  di wajahmu, mulai dari penyebab eksternal maupun internal . Kamu harus tahu apa yang menyebabkan komedomu  muncul sebelum mencari cara menghilangkan komedo tersebut.

Nggak lucu kan kamu sudah mengupayakan cara menghilangkan komedo secara alami dalam satu hari tapi akhirnya besoknya kembali lagi. Hal -hal di bawah ini bisa jadi penyebab munculnya komedo di wajahmu !


1. Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Menjelang menstruasi, produksi  hormon androgen menjadi dominan sehingga merangsang aktivitas kelenjar sebum.Kelenjar sebum itulah yang kemudian menyebabkan munculnya secara bertahap. Kalau tidak segera diatasi, yang ada komedo di wajahmu pasti akan langsung menggila.



2. Produksi Sebum yang Berlebihan
Baik laki-laki atau perempuan pasti memiliki hormon androgen. Hormon ini bertanggung jawab dalam penumpukan minyak dalam pori-pori kulit. Sehingga ketika jumlah hormonnya meningkat, secara otomatis jumlah produksi sebum di kulit pun akan meningkat.Produksi sebum yang berlebih itu akan memicu penyumbatan pada folikel rambut di bawah kulit. Penyumbatan itulah yang nantinya akan memicu munculnya komedo.

3. Malas Mencuci Wajah

Kalau sudah terbebas dari sumbatan sebum, tidak berarti kamu akan terhindar dari komedo. Kotoran dan debu yang menempel di kulit juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya komedo di wajah.Kalau kamu malas mencuci wajahmu, kotoran dan debu yang menempel di wajahmu tentunya tidak akan menghilang. Kalau sudah begitu komedo akan bermunculan di wajah indahmu.

4. Tidak menghapus makeup dengan benar
Komedo adalah tentang penyumbatan pori-pori, jadi segalah kebiasaan yang berhubungan dengan penyumbatan pori-pori wajah pasti dapat menyebabkan komedo. Salah satunya adalah tidak menghapus makeup, apalagi jika tidak membersihkan makeup sebelum tidur. Duh, pasti keesokan harinya komedo dan jerawat akan mulai bermunculan.


5. Jarang keramas
Jarang keramas bisa berefek ke wajah? Tentu saja, saat kamu jarang keramas rambutmu akan menjadi berminyak. Lalu minyak yang berasal dari rambut akan menempel pada wajah saat rambutmu tidak sengaja mengenai wajah. Kebiasaan saat menyentuh rambutmu yang berminyak lalu tanpa membasuh tangan kamu menyentuh bagian wajahmu juga menjadi sarana perpindahan minyak dari rambut ke wajah.Minyak yang berasal dari rambut ini akan menempel dan menyumbat pori-pori di wajahmu. Apalagi jika wajahmu dalam keadaan kotor, maka komedo akan semakin cepat tumbuh bersarang di wajahmu.


Komentar

Postingan Populer