Malas Bangun Pagi ? Baca dulu 10 Manfaatnya!!!







Bangun pagi adalah bangun  sebelum sinar matahari terbit di ufuk timur. Jika matahari sudah terbit, waktu sudah tidak pagi lagi melainkan waktu pertengahan antara pagi dan siang hari. Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara jam setengah empat, lima dan jam enam. Banyak hal yang akan didapatkan ketika bangun pagi. Saat itu udara masih sejuk, segar dan belum tercampur polusi dari asap kendaraan bermotor.


1.Meningkatkan Peforma
Penelitian yang dilakukan oleh University of Education, Heidelberg, Jerman, di tahun 2010 mengungkapkan bahwa mereka yang bangun pagi akan lebih proaktif dan memiliki performa kerja yang juga lebih baik. Bukan hanya membuat lebih bersemangat saat menjalankan aktivitas, bangun pagi juga membantu seseorang lebih fokus.


2. Bermanfaat Untuk Pernafasan

Manfaat bangun pagi hari, kita akan mendapatkan udara yang bersih dan segar dibandingkan dengan udara di siang hari. Udara yang bersih dan segar sangat bermanfaat dan baik untuk pernafasan dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan dan polusi pabrik.


3. Meningkatkan Daya Ingat

Orang yang sering bangun pagi dan menghirup udara di pagi hari tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bangun pagi dan menghirup udara pagi.


4. Sistem Imun Meningkat

Udara pagi yang dihirup saat pagi hari  sangat bagus untuk pembentukan zat antibodi yang maksimal. Zat antibodi itulah yang bermanfaat dalam pembentukan sistem imun dan meningkatkan sistem imun.

5. Terhindar Dari Penyakit Kuning

Sinar matahari mengandung manfaat vitamin D, pukul setengah enam sampai dengan pukul sembilan cahaya matahari sangat baik untuk kesehatan. Setelah pukul 9 pagi lindungi diri anda dari cahya matahari.Karena pada pukul tersebut, sinar matahari bersifat racun dan bisa merusak sel-sel di permukaan kulit.Menghirup udara pagi dan membiarkan tubuh terpapar oleh manfaat matahari pagi bisa membuat anda terhindar dari penyakit kuning. Penyakitt kuning adalah penyakit dimana kulit tubuh menjadi kuning dan keriput. Penyakit kuning bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin D di dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Sinar matahari pagi juga kaya akan kalium, kalium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kandungan kalium yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tulang anda menjadi sehat dan terhindar dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. 

7. Kulit Awet Muda

Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari pagi bisa membuat kulit menjadi awet muda karena sel-sel kulit mati bisa terkelupas dari permukaan kulit. Matahari pagi juga  mengandung vitamin D2 dan D3, bisa mencegah gangguan pada kulit.


8. Pencegahan Kanker Payudara

Wanita akan sangat rentan untuk terkena kanker payudara. Kanker payudara menjadi momok bagi banyak wanita.  Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati, mencegah bisa menggunakan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari pagi. Berjemur di pagi hari bisa mencegah sel kaner payudara.

9. Membangkitkan Semangat

Secara psikologis, menghirup udara pagi dan bangun pagi bisa menciptakan energi positif di dalam tubuh. Manfaat bangun pagi akan lebih bersemangat dibandingkan dengan orang yang bangun saat siang hari. Lihatlah perbedaan muka orang yang selalu bangun pagi dan orang yang bangun siang. Bangun pagi  akan membuat wajah berseri-seri karena bersemangat sedangkan wajah orang yang bangun saat siang hari akan memiliki wajah yang kusut dan kurang bersemngat.


10. Relaksasi

Manfaat bangun pagi hari juga berguna sebagai relaksasi. Hal itu dikarenakan saat pagi hari dan mencium udara pagi membuat tubuh, hati dan pikiran pun menjadi tenang, Sehingga bangun pagi cocok dijadikan sebagai sarana relaksasi.




Komentar

Postingan Populer