Wajib Tahu Inilah Penyebab Mata Lelah !

Aktivitas yang padat, pekerjaan yang menumpuk tentu tak cuma membuat tubuh merasa capek, tapi juga mata menjadi lelah. Meski sudah mengatasinya dengan mengatur jam tidur sebaik mungkin, tetapi  terkadang mata masih terlihat capek. Ternyata ada faktor lain yang menjadi penyebab mata terlihat capek walaupun sudah mempunyai jam tidur yang baik.

 faktor-faktor penyebab mata terlihat capek tersebut adalah

1. Alergi

Alergi tersebut disebabkan adanya pelepasan zat kimia kayak histamin yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga mempengaruhi aliran darah di bawah mata.

Histamin juga dapat membuat penumpukan cairan di bawah mata sehingga membentuk lingkaran gelap dan mata panda. Kompres dengan air dingin dapat menolong mengurangi pembengkakan.

2. Dehidrasi

Dehidrasi dapat mengganggu aliran darah dalam tubuh dan dapat menurunkan kinerja hati. Itulah sebabnya seseorang terlihat capek meskipun sudah cukup tidur. Oleh karena itu sangat penting untuk minum air secukupnya agar terhindar dari dehidrasi.

3. Sekian Lama melihat Layar Gadget

Manusia biasanya berkedip selama 15 kali tiap menitnya. Namun, saat menatap ke layar gadget maka jumlah kedipan akan turun. Kedipan mata bisa berkurang hingga setengah atau 3 kali lipatnya. Kondisi inilah yang menyebabkan mata cepat lelah karena dipaksa bekerja fokus menatap layar tanpa banyak berkedip.

Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dari layar laptop dengan cara memandang ke selain arah laptop dan gadget.

Jadi itulah penyebab mata terlihat capek. Yuk  jaga kesehatan mata mulai sekarang!


Komentar

Postingan Populer