Pusing Setelah Bangun Tidur ? 5 faktor ini mungkin Penyebabnya

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan kepala pusing saat bangun tidur. Beberapa orang bahkan merasa goyah sampai terjatuh ketika beranjak dari tempat tidur karena pusing. Lalu apa sih sebenarnya penyebab sering merasa pusing ketika bangun tidur? Mungkin 5 hal berikut ini yang jadi penyebabnya ?

1.Dehidrasi
Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi maka jaringan otak akan kehilangan cairan dan akan memicu rasa sakit pada kepala. Kondisi inilah yang menyebabkan Anda mengalami rasa pusing saat bangun tidur. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus mulai rajin meminum air putih dan mengkonsumsi banyak sayur dan buah yang memiiki banyak kandungan air. Jadi mulai sekarang jangan remehkan manfaat dari meminum air putih sebelum tidur.

2.Sinusitis
Penyebab sakit kepala ketika bangun tidur dapat pula disebabkan oleh terjadinya sinusitis. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan pada area dinding sinus (rongga udara yang ada disekitar mata, pipi dan juga hidung). Inflamasi ini tentunya sering disebut juga sebagai infeksi dari bakteri dan juga virus. Selain itu, gejala sinusitis juga dapat ditandai dengan adanya rasa pening pada bagian depan kepala dan juga sekitar hidung. Rasa sakit kepala akibat sinusitis dapat hilang ketika malam hari dan akan kembali kambuh pada setiap pagi saat bangun tidur.

3.Hipoglikemi
Anda merasakan jik pusing sehabis bangun tidur yang  berlangsung cukup sering, ditambah Anda juga sering merasakan mudah lelah, ada baiknya Anda segera mengkonsultasikan kesehatan Anda ke dokter karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda menderita hipoglikemi atau gula darah rendah.

4.Benign Paroxysmal Positional Vertigo
Anda sering merasakan pusing dan kepala berputar ketika bangun tidur di pagi hari, hingga berjalan seakan hilang keseimbangan dan disertai rasa mual? Bisa jadi Anda mengalami Benign paroxysmal positional vertigo. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) merupakan penyakit yang sering terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari 1 menit. Perubahan posisi kepala dari berbaring, kemudian langsung bangun biasanya memicu terjadinya vertigo dengan jenis ini. Jadi sebaiknya untuk menghindari hal ini terjadi, usahakan untuk tidak langsung bergegas bangun dari tempat tidur ketika bangun tidur atau melakukan gerakan yang memicu terjadinya BPPV.

5.Tension Headaches.
Istilah tension headaches ditujukan untuk kondisi sakit kepala yang sudah memasuki tahap kronis. Sakit kepala dengan jenis ini bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti, stres, depresi, trauma dan juga rasa cemas berlebihan. Rasa sakit kepala yang sering dirasakan dapat berawal dari skala yang ringan hingga berat. Pada kondisi ketika bangun tidur rasa sakit kepala ini bisa dimulai pada bagian belakang kepala dan bergerak maju hingga ke leher, dan kepala bagian atas depan.

Itulah 5 faktor yang mungkin menjadi penyebab dari rasa sakit kepala yang terjadi sesaat Anda bangun tidur. Namun, untuk lebih tahu pastinya tentu lebih baik jika Anda mengkonsultasikan kondisi ini pada dokter.

Komentar

Postingan Populer